Berita

Detail Kontrak 1 Miliar Euro Adidas dan Real Madrid

Media Jerman Spiegel Online menerbitkan dokumen dari “Football Leaks”*. Berdasarkan laporan tersebut, raksasa aparel asal Jerman, Adidas, memiliki kesepakatan kontrak senilai 100 juta euro per tahun dengan klub Spanyol, Real Madrid. Salah satu kesepakatan tersebut adalah Adidas akan memiliki hak untuk memberi sambutan dalam perayaaan gelar di Cibeles, yang berarti positioning sangat bagus bagi brand tersebut.

Kesepakatan kontrak sebesar 1 miliar euro selama 10 tahun itu terjadi setelah sebelumnya dikabarkan bahwa perusahaan aparel asal Amerika Serikat, Under Armour, mengajukan diri menjadi sponsor aparel baru Real Madrid.

 

Bocoran dokumen tersebut menyatakan bahwa Adidas telah berkomitmen untuk menjadi sponsor Real Madrid mulai tahun 2015 sampai 2024. Dengan detail pada setiap tahunnya, Real Madrid akan mendapat pemasukan tetap sebesar 70 juta Euro, plus 22,5% dari keseluruhan hasil penjualan merchandise Real Madrid yang dibuat oleh Adidas. Dengan kata lain, Real Madrid akan menerima setidaknya tambahan sekitar 30 juta euro per tahun ditambah 22,5% dari hasil penjualan yang melebihi jumlah tersebut.

Tak berhenti disitu, seperti layaknya kesepakatan sponsorship klub sepakbola di Eropa, masih ada serangkaian bonus untuk klub raksasa Spanyol tersebut, berupa : tambahan sebesar 2,5 juta euro (yang akan meningkat menjadi 3,5 euro setelah tahun 2020) jika Real Madrid berhasil menjadi kampiun La Liga, serta 5 juta euro (yang akan meningkat menjadi 7 juta Euro setelah 2020) jika Real Madrid menambah koleksi gelar Liga Champions mereka.

Seperti yang disebutkan sebelumnya, Adidas juga akan memiliki hak untuk mengatur perayaan gelar tradisional Real Madrid di Air Mancur Cibeles. Selain itu, masih menurut Spiegel, kontrak sebelumnya antara Real Madrid dan Adidas yang ditandatangani pada tahun 2011, juga memasukkan jumlah 40 juta Euro tunai di muka.

Detail lain yang disebutkan adalah klausul yang menyatakan bahwa nilai kontrak akan menurun menjadi 65 juta Euro per tahun seandainya Real Madrid terdegradasi ke Segunda División (divisi dua Liga Spanyol). Hal yang tampaknya mustahil terjadi. Walaupun bukan berarti tidak mungkin jika mengingat Donald Trump yang berhasil menjadi Presiden Amerika Serikat.

 

* Football Leaks adalah bocoran terbesar dalam sejarah olahraga dengan 18,6 juta dokumen. Tim SPIEGEL melakukan evaluasi data dengan jaringan peneliti European Investigative Collaborations (EIC). Pada 11 Mei, SPIEGEL akan mempublikasikan sebuah buku. Buku yang ditulis Rafael Buschmann dan Michael Wulzinger itu juga bercerita tentang Cristiano Ronaldo dan Ibrahimovic, bisnis gelap wali baptis asal Kroasia, juga tentang pemain dan wajib pajak.

Sumber: SPIEGEL Online

UP Watch
Click to comment

Leave a Reply

Terpopuler

To Top