Berita

Islandia Membuka Peluang Lolos Ke Piala Dunia 2018

Iceland-football-national-team-offside-id
Foto: www.icelandmag.visir.is

Euro 2016 telah berakhir tahun lalu dengan menyisakan cerita tersendiri bagi timnas Islandia.  Permainan gemilang mereka berhasil mengantarkan negara Skandinavia ini melaju hingga ke perempat final.  Tidak hanya itu saja, prestasi gemilang mereka torehkan pula kala berhasil membuat timnas Inggris tertunduk lesu di babak 16 besar.  Cerita kebangkitan sepakbola bagi negara yang berpenduduk kurang lebih 330.000 jiwa ini tampaknya masih akan terus berlanjut.  Kali ini, Piala Dunia 2018 tinggal sedikit lagi menjadi panggung pagi tim berjuluk Strákarnir okkar ini.

Tergabung di group I pada Kualifikasi Piala Dunia 2018, posisi Islandia kini berada di peringkt kedua dengan 16 poin, dan hanya kalah selisih gol dengan tim pemuncak klasemen sementara, Kroasia.  Kepastian ini didapatkan usai mereka menang 2-0 atas Ukraina pada Selasa lalu.  Kemenangan krusial tersebut diraih berkat dua gol pemain asal klub Everton, Gilfy Sigurdsson.

Persaingan di group I zona Eropa ini terbilang cukup ketat.  Setidaknya terdapat empat negara yang masih berpeluang besar untuk lolos ke Piala Dunia 2018.  Selain Islandia, terdapat Kroasia, Turki, dan Ukraina.  Selisih antara keempat tim tersebut hanya terpaut dua poin.  Artinya, sekali saja salah satu dari keempat tim itu terjungkal, maka mereka harus merelakan jatah berlaga di Piala Dunia bagi tim lain.  Bagi Islandia, apabila mereka terus berada di jalur kemenangan hingga akhir kualifikasi, maka jatah berlaga di Piala Dunia bisa segera mereka dapatkan.  Dua pertandingan sisa melawan Turki dan Kosovo wajib mereka menangkan.  Pertandingan melawan Turki menjadi yang terberat, karena harus bertanding di kandang lawan, dan Turki juga sedang dalam posisi mengincar tiga poin untuk mengamankan langkah mereka ke Rusia tahun depan.

Islandia hampir saja lolos ke Piala Dunia 2014, sebelum akhirnya harus menyerah kalah 2-0 secara agregat dari Kroasia di babak play off zona Eropa. Sumber foto: www.101greatgoals.com

Kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Eropa akan memberikan jatah otomatis bagi sembilan tim yang berhasil menjuarai group masing – masing.  Sisanya, akan dipilih delapan tim runner-up terbaik yang akan diadu melalui babak play off yang akan dilangsungkan dua kali melalui sistem kandang – tandang.

Apabila mereka berhasil lolos ke Piala Dunia 2018, maka ini adalah kali pertama negara yang sempat berada di bawah kekuasaan kerajaan Denmark ini berlaga di pentas termegah kompetisi sepakbola antar negara di dunia.

Click to comment

Leave a Reply

Terpopuler

To Top