Berita

Lazio Jadi Korban Peretas. Dua Juta Euro Melayang Begitu Saja!

lazio

Klub ibukota Italia (bukan AS Roma! Klub yang satunya!) dikabarkan baru saja menjadi korban serangan peretas. Sang peretas memanfaatkan situasi transfer Stefan De Vrij dengan menggunakan metode email scam.

Dilansir Il Tempo (via Football Italia), Lazio menerima surat elektronik yang meminta uang sejumlah 2 juta euro kepada Il Biancocelesti, yang mana uang terebut merupakan bagian dari kesepakatan transfer saat De Vrij pindah dari Feyenoord di tahun 2014 silam.

Yang menarik dari aksi email scam ini adalah, sang peretas benar-benar membuatnya terlihat seolah-olah email tersebut adalah benar, tidak seperti model email scam lainnya yang mengatasnamakan Pangeran dari negara A yang kesulitan dan butuh bantuan orang lain yang nantinya akan ditunjuk sebagai wali agar dananya yang tersimpan di bank bisa dicairkan, bla bla bla. Nah, dalam kasus De Vrij ini, surat yang ditujukan kepada Lazio tampak seperti surat elektronik yang dikirim dari pihak Feyenoord: Terdapat logo Feyenoord di bagian email, dan logo inilah yang membuat pihak Lazio yakin kalau klub Belanda benar-benar menghubungi mereka. Tanpa berpikir panjang, rival AS Roma ini langsung mengirim 2 juta euro kepada si peretas, tanpa mengecek kebenaran email tersebut.

Pihak klub baru menyadari kalau mereka telah dibodohi setelah perwakilan Lazio menghubungi Feyenoord dan menjelaskan perihal dana tersebut. Beruntung, pihak berwajib berhasil melacak aliran dana tersebut ke Bank Belanda, dan klub rival AS Roma berhasil mendapatkan uang mereka kembali.

Kalau menurut saya pribadi sih, ini adalah kebodohan yang hakiki. Lha gimana, saya yang dapat email dari pihak yang mengatasnamakan BPJS dan diwajibkan mengikuti tes di Jakarta aja gak langsung percaya itu surat asli, sekalipun ada tandatangan Direktur BPJS dan logo BPJS di bagian atas surat. Goblok…

 

Click to comment

Leave a Reply

Terpopuler

To Top