Berita

Milan 0-2 Roma, Kemenangan Kawan Lama

Milan kembali menelan kekalahan ketiganya di liga, kali ini ditangan AS Roma. Dalam pertandingan Minggu (1/10/17) malam, Milan takluk dengan skor 0-2. Gol Roma dicetak Edin Dzeko menit 72 dan Alessandro Florenzi menit 77.

Kekalahan Milan untuk yang ketiga kalinya dari tujuh pekan di Serie A.

Padahal sebenarnya pertandingan berjalan relatif seimbang antar kedua tim.

Statistik

Milan v Roma

Penguasaan bola: 47% – 53%
Tendangan: 10 – 10
Tendangan tepat sasaran: 3 – 7

**

Duel selamam merupakan pertemuan antara para mantan pemain Roma. Vincenzo Montella dan Eusebio Di Francesco kebetulan satu tim kala Roma meraih scudetto musim 2000/01. Tetapi soal nasib mereka jauh berbeda.

Montella menjadi legenda klub karena punya karir panjang bersama I Giallorossi, sedangkan Di Fransceso adalah pemain yang “biasa saja” saat main bermain di Roma dahulu.

Kini situasi berbeda, kedua orang ini sama-sama pelatih muda potensial. Keduanya sama-sama merangkak dari bawah. Montella memang pernah melatih Roma, tetapi hanya sebagai pelatih interim pada 2011. Lalu pemain yang dijuluki “Si Pesawat Kecil” ini memulai dari bawah dengan melatih Catania, Fiorentina, Sampdoria hingga akhirnya berlabuh ke Milan sejak 2016/17.

Di Franceso punya jalan lebih terjal. Dia lebih banyak melatih klub kelas bawah seperti Virtus Lanciano, Pescara, Lecce dan Sassuolo. Nama Di Francesco baru pun melambung ketika membesut Sassuolo. Polesan ayah dari striker Bologna, Federico Di Francesco ini tidak cuma membawa Sassuolo promosi ke Serie A (2013/14) saja, bahkan lolos ke Liga Eropa musim 2016/17 lalu.

Keunggulan lain Di Francesco dari Montella adalah soal pemain muda. Selain sukses dengan klub kecil, Di Franceso juga rutin menelurkan pemain muda berbakat.

Domenico Berardi, Matteo Politano, Nicola Sansone, Gregoire Defrel hingga Lorenzo Pellegrini menunjukkan performa memikat dibawah asuhannya. Kini Defrel dan Pellegrini ikut pindah ke Roma bersama sang pelatih.

Dua kawan lama ini sudah sering beradu taktik di Serie A, namun baru kali ini keduanya bertemu dengan sama-sama melatih klub besar dan skuat berkualitas.

Di Stadio San Siro semalam, dua kawan lama itu kembali bentrok dengan pasukan yang sama-sama mewah. Formasi 3-5-2 diterapkan allenatore Vincenzo Montella untuk pasukannya yang berharga mahal. Di Francesco memainkan skema andalan 4-3-2-1 yang merupakan warisan dari pelatih lama, Luciano Spalletti.

Milan hanya minus Suso dan Andrea Conti. Sedangkan Roma tidak memainkan Diego Perotti. Laga berjalan alot, meski tanpa peluang berarti di babak pertama. Barulah di babak kedua, situasi terbuka dan kedua tim meningkatkan agresifitasnya.

Hasilnya, Roma mampu mencuri kemenangan dengan dua golnya. Hasil ini menempatkan serigala ibukota di peringkat lima dengan 15 poin, sedangkan Milan terpaku di tangga ketujuh dengan angka 12 di klasemen Serie A Italia.

Kekalahan ini tentu menjadi semacam alarm bahaya bagi Montella. Dia terancam dipecat, apalagi kini pelatih yang jelas-jelas dicintai suporter Milan, Carlo Ancelotti sedang tanpa klub. Hasil buruk yang Montella dapat bisa dengan sekejap membuat ia tertendang dari kursi pelatih Milan dan Ancelotti datang.

Untung saja manajemen Milan masih mempercayai Montella pasca kalah dari Roma. Montella mendapat “extra time” untuk membuktikan kapasitasnya mengangkat I Rossonerri ke papan atas.

Dua kawan lama, Montella dan Di Francesco kini sama-sama melatih klub besar.

Disisi lain, kemenangan ini semakin menebalkan mental Roma. Setidaknya hasil yang mereka peroleh tidak lah buruk hingga giornata 7 ini. Kemudian, mereka juga belum kalah di Liga Champions. Padahal Roma tergabung di grup maut bersama Chelsea dan Atletico Madrid. Di Francesco memang sedikit diragukan, tetapi harap dimaklumi karena Roma bongkar pasang skuat awal musim ini.

Kedua pelatih sudah sering berjumpa, namun bukan dengan sama-sama melatih klub besar. Pada akhirnya, pertemuan pertama antar dua kawan lama dengan skuat mewah, kali ini dimenangkan oleh Di Francesco.

Sumber foto: acmilan.com, goal.com dan ilsecoloxix.it.

Click to comment

Leave a Reply

Terpopuler

To Top