Berita

Pilpres Mesir: “Mo Salah For President!”

mo salah

Bagi Liverpool, Mo Salah adalah ikon, dan mungkin akan menjadi legenda klub selama beberapa tahun ke depan, hanya jika sang pemain tidak tergoda bujuk rayu dua raksasa Spanyol: Barcelona dan Real Madrid. Tapi bagi penduduk Mesir, Mo Salah adalah nyawa kehidupan. Maka tak salah jika Salah ingin diangkat secara aklamasi oleh rakyat Mesir sebagai presiden. Ya. Presiden, saudara-saudaraku sekalian.

Penunjukan Salah sebagai Presiden Mesir bukan tanpa alasan. Berkat dirinya, Mesir berhasil lolos ke Piala Dunia untuk yang pertama kalinya, sejak terakhir kali mereka berlaga di kompetisi tersebut pada tahun 1990 (Tuhan! Saat itu saya bahkan belum kenal dengan sepakbola). Ya, di Mesir, sepakbola adalah agama kedua. Beberapa kolega saya yang merupakan Egypt-descendants begitu tergila-gila dengan si kulit bundar, sekalipun mereka hanya tinggal di belahan Amerika bagian utara.

Masih tentang Salah yang ingin diangkat sebagai Presiden. Simak penuturan dari Economist berikut ini:

“Lebih dari satu juta penduduk Mesir membuat surat suara mereka tidak sah, atau dua kali dari jumlah pemilih Mr Moussa Mustafa Moussa (kandidat presiden resmi).”

“Tak sedikit dari mereka yang bahkan mencoret dua kandidat dan menulis nama Mohamed Salah, pesepakbola asal Mesir.”

Meskipun Salah akhirnya kalah dalam perolehan suara atas El-Sisi, tapi setidaknya sang pemain bisa mempertimbangkan untuk menjadi pemimpin negara, suatu hari saat ia pensiun nanti.

Click to comment

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Terpopuler

To Top