Cerita

Martin Skrtel: ‘Ditampar’ Bola, Tak Sadarkan Diri, Tapi Kembali Bermain di Sisa Pertandingan

skrtel-cedera-liverpool

Kejadian yang agak sedikit mengerikan terjadi akhir pekan lalu di ajang Slovakia King’s Cup, di mana tim nasional Slovakia menghadapi tim nasional Thailand.

Pada pertandingan itu, Martin Skrtel, eks Liverpool sekaligus kapten timnas Slovakia terjatuh dan hilang kesadaran saat bola sepakan Chanatip Songkrasin mengenai wajahnya. Akibatnya, pertandingan harus terhenti di menit ke-27 agar Skrtel bisa mendapat perawatan intensif.

Dan seperti yang sudah-sudah terjadi, jika ada pemain yang tergeletak tak sadarkan diri, pertolongan pertama yang dilakukan adalah dengan menarik lidah pemain agar tak tertelan. Inilah yang kemudian dilakukan oleh Ondrej Duda, rekan setim Skrtel. Ondrej Duda kemudian mengkonfirmasi kalau pemain yang saat ini merumput bersama Fenerbahce tidak menelan lidahnya.

Uniknya lagi, setelah mendapat perawatan intensif, Skrtel kembali bermain di 45 menit berikutnya. Pertandingan yang digelar di Rajamangala Stadium itu akhirnya dimenangkan Slovakia dengan skor tipis 3-2.


Fun Fact: pertolongan pertama yang dilakukan oleh Ondrej Duda, oleh beberapa pakar dianggap berbahaya dan bahkan bisa membahayakan nyawa si korban. Sebaliknya, yang harus dilakukan oleh para pemain adalah saat menghadapi situasi seperti ini jika korban tidak sepenuhnya kehilangan kesadaran, adalah dengan memposisikannya ke arah samping. Tindakan ini dilakukan demi mencegah korban muntah atau menelan lidahnya sendiri.

Click to comment

Leave a Reply

Terpopuler

To Top