Half Time

Phil Jones: Kunci Sukses Pertahanan Man United

Phil-Jones-offside-id
Foto: www.dailystar.co.uk

Phil Jones merupakan salah satu pemain masa depan Manchester United.  Setidaknya itulah harapan yang berada di benak setiap penggemar Manchester United kala eks pemain Blackburn Rovers itu resmi direkrut oleh Sir Alex Ferguson pada 2011 silam.  Permainannya yang cukup impresif kala Blackburn Rovers menahan imbang 1-1 Manchester United pada musim 2010/2011, membuat SAF (sebutan bagi Sir Alex Ferguson) begitu tertarik kepada pria yang kala itu masih berumur 19 tahun tersebut.

FPL-offside-id

Memiliki gaya bermain agresif dan postur tubuh yang besar, membuatnya tampak ditakuti oleh para pemain depan lawan.  Namun, dibalik kokohnya tersebut, Jones memiliki satu kelemahan yang membuatnya hanya bermain sebanyak kurang lebih 125 kali sejak 2011 hingga kini.  Jumlah penampilan yang bisa dibilang relatif kurang banyak bagi seorang pemain belakang.

Pemain yang bisa berposisi sebagai Defensive Midfielder ini kerap kali dililit cidera.  Hal itu yang membuat Sir Alex Ferguson, David Moyes, Louis van Gaal dan Jose Mourinho jarang memasangnya pada waktu – waktu lalu.

phil-jones-head-sliding-vs-arsenal-offside-id

Phil Jones terkenal cukup agresif dan total saat bertahan. Berikut adalah gambar saat dirinya berhasil menghalau bola dari Oliver Giroud menggunakan kepalanya saat melawan Arsenal. Sumber foto: www.gettyimages.com

Kehadiran Victor Lindelof di musim ini membuat saingan Phil Jones untuk mendapatkan tempat utama menjadi bertambah.  Meskipun begitu, ternyata bukan menjadi halangan bagi pemain berusia 25 tahun ini untuk menarik hati Jose Mourinho.

Di tiga pertandingan pertama Premier League musim ini, Jones selalu dipercaya menjadi tandem Eric Bailly di posisi bek tengah oleh Mourinho.  Terbukti, di tiga pertandingan tersebut, kekompakan para pemain belakang Man United begitu terjaga.  Jones memberi andil pula dengan mencatatkan 67% memenangkan duel udara, serta memiliki rata – rata akurasi umpan sebesar 94% menurut catatan Squawka.  Torehan gemilang bagi seorang pemain belakang.

Bailly-and-Jones-and-mourinho-man-united-offside-id

Duet Bailly – Jones menjadi andalan utama pelatih Jose Mourinho pada awal musim 2017/2018. Sumber foto: www.thesun.co.uk

Tiga pertandingan awal United musim ini juga telah membuktikan bahwa lini belakang mereka cukup kokoh bagi para lawan.  Belum satupun gol bersarang ke gawang De Gea yang juga dikawal oleh Baily dan Jones.  Apabila mereka bisa menjaga kekompakan ini, dan Jones tetap dalam kondisi fit, bukan tidak mungkin tren clean sheet ini terus bertahan.  “Jika kami berhasil menjaganya agar terhindar dari cidera, saya pikir dia berpeluang menjadi pemain belakang yang memiliki gaya bermain yang saya suka.” Ujar Mourinho seperti dikutip theguardian.

Keep up the good works Phil!!

 

UP Watch
Click to comment

Leave a Reply

Terpopuler

To Top