Half Time

Bibiana Steinhaus: Wasit Wanita Pertama Di Bundesliga

wasit-wanita-bundesliga
Foto: www.bbc.co.uk

Wasit wanita adalah profesi yang tentu tidak mengejutkan dalam sepakbola.  Beberapa tahun belakangan ini, sempat tersiar kabar para wasit wanita yang memimpin pertandingan sepakbola pria.  Meskipun tentu jumlah wasit wanita yang memimpin laga sepakbola pria tidak banyak dan disorot oleh publik, namun eksistensinya dalam suatu kompetisi di liga sepakbola pria sebenarnya masih tetap ada.

Terbaru, pertandingan DFB Pokal Jerman antara Bayern Munich melawan Chemnitzer pada Sabtu lalu dipimpin oleh wanita bernama Bibiana Steinhaus.  Kondisi tersebut menjadikan Bibiana sebagai wasit wanita pertama yang memimpin pertandingan Bayern Munich di kompetisi resmi liga sepakbola Jerman.

Bibiana Steinhaus adalah wanita berusia 38 tahun yang memiliki seorang ayah yang memiliki profesi sebagai seorang wasit sepakbola.  Selain fakta tersebut, Bibiana yang memulai karir sebagai wasit sejak tahun 1999 ini adalah juga seorang anggota kepolisian.  Karir di dunia perwasitan banyak dihabiskan untuk memimpin sepakbola di divisi bawah Liga Jerman.

“Saya tidak bisa berkata apa – apa lagi.  Saya merasa tidak percaya, sangat gembira, dan tentu penasaran.  Saya sungguh emosional kala itu” ujar Bibiana saat menceritakan ketika pertama kali dikontak oleh Lutz Michael Fröhlich, Ketua Wasit DFB (Federasi Sepakbola Jerman) yang menelponnya untuk bisa memimpin sejumlah laga di kasta Bundesliga.

Tahun 2017 merupakan pencapaian puncak karir seorang Bibiana Steinhaus.  Pertandingan Bundesliga merupakan mimpi semua wasit di Jerman, dan dia mendapatkan kesempatan tersebut.

Seperti dikutip dari theguardian, presiden DFB (Federasi Sepakbola Jerman), Reinhard Grindel mengatakan bahwa dia telah mengikuti jejak karir Bibiana, dan merasa sangat senang dengan kinerja yang telah ia tunjukkan. “Keputusan dari Badan Perwasitan DFB menunjukkan bahwa jika kamu bekerja keras dan memunjukkan performa yang bagus, maka perbedaan jenis kelamin tidak menjadi masalah.”

Bibiana merupakan salah satu wasit asal Jerman yang telah mendapatkan lisensi dari FIFA.  Lisensi tersebut berhasil ia dapatkan pada tahun 2005 silam.  Ia juga terpilih sebagai wasit yang memimpin pertandingan final Liga Champions Eropa Wanita pada musim lalu yang mempertemukan Lyon vs Paris Saint-Germain.

Bibiana-Steinhaus-Bundesliga-offside-id

Salah satu aksi Bibiana Steinhaus kala memimpin pertandingan sepakbola pria di Liga Jerman. Sumber foto: www.thesun.co.uk

Meskipun berprestasi dan telah membuat sejarah, kiprah Bibiana tidaklah mudah.  Dia kerap kali mendapatkan perlakuan tidak simpatik dari para pemain sepakbola pria.  Kerem Demirbay, pemain Fortuna Dusseldorf pernah mengejak dia sesaat setelah mendapatkan kartu kuning darinya. “Wanita tidak layak berada di pertandingan (Sepakbola) pria” ujar Demirbay pada 2015 silam.

Pasca insiden tersebut hingga kini, toh Bibiana terus menunjukkan kinerja terbaiknya sehingga prestasi demi prestasi berhasil ia raih. Puncaknya, tentu di awal musim ini, ketika akhirnya sebuah sejarah berhasil mengukir namanya sebagai wasit wanita pertama yang memimpin pertandingan kasta tertinggi sepakbola pria Jerman, Bundesliga.

 

Click to comment

Leave a Reply

Terpopuler

To Top