Kits & Trends

Jersey Spanyol Untuk Piala Dunia 2018 yang Kontroversial

jersey spanyol

Seperti yang sudah diketahui bersama, situasi Politik yang ada di Spanyol sedang memanas, terutama setelah Catalan resmi memisahkan diri dari Spanyol. Isu politik ini pun merembes ke sepakbola. Teranyar, jersey yang akan dipakai oleh La Furia Roja di Piala Dunia nanti pun tak luput dari isu politik.

Marca, media Spanyol yang berpusat di Madrid melansir, jersey terbaru yang dirilis Adidas tersebut menimbulkan kontroversi. Beberapa pihak menganggap jersey anyar ini merepresentasikan bendera Republik Spanyol yang memiliki warna merah, kuning, dan ungu. Perlu diketahui, Republik Spanyol adalah golongan yang memproklamirkan diri pada tahun 1931, dan termasuk di dalamnya adalah orang-orang yang menentang kerajaan Spanyol. Republik Spanyol kemudian dibubarkan setelah Perang Sipil terjadi pada tahun 1936.

Fans Spanyol pun bereaksi dengan cepat terkait jersey ini dan mengungkapkan kekesalan mereka terhadap jersey terbaru Tim Matador.

“Saya tidak akan membeli jersey itu. Jersey itu tidak mewakili negara kami.”

“Boikot jersey tim nasional Republik. Spanyol adalah negara monarki, bukan republik.”

“Saya tidak akan membeli bendera Republik.”

Padahal, jika diperhatikan dengan seksama, warna yang ada pada jersey Spanyol bukanlah ungu, melainkan biru, dan corak ini mengacu pada jersey yang pernah dikenakan oleh Spanyol pada tahun 1994.

jersey spanyol

Dan berikut penjelasan Marca terkait warna yang menjadi perdebatan tersebut:

“Fokus pada garis berwarna biru. Faktanya adalah, warna biru bisa terlihat seperti ungu jika dipadukan dengan warna merah.”

Click to comment

Leave a Reply

Terpopuler

To Top