Rupa-rupa

Tahukah Kalian? De Gea Pernah Ditargetkan Jadi Pengganti Buffon

De Gea

Kejadiannya memang sudah lama, ketika Juventus tengah terlibat skandal Calciopoli. Tahun 2006, Juventus dan beberapa klub Serie A lainnya terbukti mencurangi pertandingan dengan skandal pengaturan skor, terbukti dengan ditemukannya rekaman percakapan via telepon. Namun FIGC memutuskan hanya Juventus yang terdagradasi ke Serie B, sementara klub lain hanya mendapat hukuman berupa pengurangan poin di musim berikutnya.

Imbas terdegradasinya Juve ke kasta yang lebih rendah berdampak pada eksodus besar-besaran dari para pemain. Zlatan Ibrahimovic, Emerson, Patrick Vieira, dan sejumlah pemain besar lainnya memutuskan pindah demi bermain di klub yang lebih layak. Untungnya, pemain senior seperti Del Piero, David Trezeguet, dan Gianluigi Buffon tetap bertahan dan berhasil mengembalikan Nyonya Tua ke Serie A (hingga saat ini).

de-gea

MADRID, SPAIN – MARCH 28: David de Gea of Atletico Madrid warms up before the start of the La Liga match between Real Madrid and Atletico Madrid at Estadio Santiago Bernabeu on March 28, 2010 in Madrid, Spain. (Photo by Denis Doyle/Getty Images)

Buffon sendiri sebenarnya tak lepas dari rumor hengkang. Demi mengantisipasi hengkangnya sang penjaga gawang utama, Michael Angelo Rampulla, eks penjaga gawang Juve sekaligus pelatih kiper klub kemudian ditugaskan untuk mencari pengganti Gigi, dan nama David De Gea ada di antara nama yang direkomendasikan oleh klub.

“Kami tidak tahu apakah Buffon akan bertahan atau tidak pada saat itu. Klub memberi daftar pemain yang memungkinkan untuk mengisi pos tersebut, dan nama pertama yang ada di daftar teratas adalah pemain muda Spanyol, De Gea.”

Seperti yang diketahui kemudian, Nyonya Tua tidak merekrut De Gea muda karena saat itu mereka beranggapan De Gea masih sebatas ‘hot prospect’ dan belum pantas mengisi posisi penjaga gawang utama. Juve kemudian memboyong Emanuele Belardi, goalie asal Reggina. Belardi, di sepanjang musim tersebut juga jarang diturunkan karena Buffon memutuskan untuk tetap bertahan.

Andai saja Juventus saat itu tetap memboyong De Gea, mungkin saja karirnya akan berkata lain, dan Manchester United mungkin akan merekrut Julio Cesar..

Lagipula, kenapa gw mengangkat cerita yang sebenarnya sudah basi seperti ini? Ya karena saat ini berita sepakbola lagi mainstream, cuma berkisar di transfer pemain..

via: Joe

Click to comment

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Terpopuler

To Top