Suara Fans

Panasnya Zona Degradasi Premier League

Foto: ballball.com

Meski kompetisi Premier League masih menyisakan lima pertandingan lagi, namun publik sepertinya sudah tidak sabar menyaksikan Leicester City, tim besutan Claudio Ranieri mengangkat trofi Premier League di akhir musim nanti. Nama Leicester City memang menjadi daya tarik tersendiri bagi fans sepakbola, setidaknya dalam semusim terakhir. Siapa sangka, tim yang di akhir musim lalu hanya bisa berkutat di zona degradasi mengalami transformasi 180 derajat dengan bertengger di puncak klasemen liga. Saat ini, Foxes memimpin dengan keunggulan tujuh poin atas pesaing terdekat mereka, Tottenham Hotspurs. Dengan menelaah lima laga sisa yang akan dijalani oleh kedua tim, hampir bisa dipastikan Jamie Vardy akan mengangkat trofi di akhir musim nanti. Tapi sekali lagi, tidak ada yang pernah memprediksi apa yang akan terjadi dalam sepakbola.

Jika di puncak klasemen terjadi persaingan perebutan gelar antara Spurs dan Leicester, pun halnya dengan tim-tim yang ada di zona degradasi. Bahkan boleh dikata zona degradasi jauh lebih panas dibanding puncak klasemen. Aston Villa baru saja memastikan diri sebagai tim pertama yang terdegradasi setelah takluk 1-0 di Old Trafford. Dua tempat tersisa akan diperebutkan oleh tiga tim penghuni papan bawah: Sunderland, Norwich City, dan Newcastle United.

Sunderland

Sunderland mengawali pekan ke-33 dengan memetik tiga poin sempurna saat bertandang ke Carrow Road, kandang Norwich City. Ambisi dan semangat untuk lolos dari zona merah sepertinya telah mendarah daging dan terpatri dalam diri para pemain The Black Cats. Ini bukan yang pertama kalinya mereka berjuang agar lolos dari degradasi. Setelah Paolo Di Canio dan Gus Poyet, kali ini giliran Big Sam yang diharapkan menjadi juru selamat. Pertanyaannya, seberapa besar kans The Black Cats untuk lolos?

Saat ini, The Black Cats mengantongi 30 poin, hanya terpaut satu poin dari Norwich yang ada di peringkat 17. Menyelamatkan Sunderland bukanlah perkara yang mudah. Lee Cattermole dan kompatriot masih harus menghadapi Arsenal, Chelsea, dan Everton. Tiga tim ini akan menjadi batu sandungan mereka. Dua partai tersisa lainnya mungkin saja bisa dilewati dengan mulus oleh Big Sam. Pekan depan, Sunderland akan bertandang ke Emirates. Meraih satu poin atas Arsenal akan sedikit memuluskan langkah mereka, mengingat laga versus Chelsea dua pekan berikutnya akan digelar di Stadium of Light. Besar kemungkinan, Stoke City menjadi rintangan terberat Sunderland nantinya.

Newcastle United

Tak ingin tertinggal lebih jauh atas Sunderland, Newcastle berusaha memetik kemenangan di pekan ke-33. Kemenangan 3-0 pun menjadi kado manis untuk Rafa Benitez, yang berulang tahun ke-56. Meski berada di urutan ke-19, masih ada kesempatan bagi The Magpies untuk lolos, meski terdengar cukup berat. Di pekan ke-34, Jonjo Shelvey akan menjamu Manchester City, tim yang baru saja melucuti Chelsea di The Bridge (3-0). Sepekan kemudian, giliran Liverpool yang akan menjadi batu sandungan Benitez.

Norwich City

Gagal menang di depan publik sendiri mau tak mau memaksa Alex Neill kembali memutar otak demi menyelamatkan timnya dari degradasi. Posisi Norwich sama sekali belum aman. Keunggulan satu angka tidak ada artinya sama sekali jika mereka tergelincir di pertandingan berikutnya, sementara tim lain memetik poin. The Canaries harus memaksimalkan dengan baik faktor tuan rumah pada pekan depan, saat mereka menjamu Watford di Carrow Road. Pasalnya, pekan berikutnya, laga berat sudah menanti: partai tandang di Emirates versus Arsenal, dan Manchester United di pekan berikutnya.

Jadi, siapa yang akan tersenyum di akhir musim nanti? Mari berasumsi.

Pekan ke-34: Sunderland menahan imbang Arsenal di Emirates, Newcastle tergelincir di St James Park, dan Norwich-Watford berakhir imbang. Sunderland 31 poin, Newcastle 28, Norwich 32.

Pekan ke-35: Black Cats menang di Brittania, The Magpies menyerah di Anfield, dan Norwich takluk atas Arsenal. Sunderland 34. Newcastle 28. Norwich 31 poin.

Pekan ke-36: Big Sam hanya bisa bermain imbang dengan Chelsea, Newcastle menang atas Palace, dan Norwich berakhir imbang dengan Man United. Sunderland 32. Newcastle 31 poin, Norwich 32.

Pekan ke-37: Sunderland imbang versus Everton, Newcastle taklukkan Villa, sementara Norwich dilucuti Watford. Sunderland 33. Newcastle 34. Norwich 32.

Pekan ke-38: The Black Cats susah payah bertahan dan akhirnya meraih satu poin di Vicarage Road, Newcastle dibantai Spurs, dan Norwich menyerah di kandang Everton. Sunderland 34. Newcastle 34. Norwich 32.

Sunderland berhasil lolos dari zona degradasi. Norwich dan Newcastle mendampingi Aston Villa di divisi Championship.

UP Watch

Terpopuler

To Top