Transfer Corner

Transfer Window: Rekap Hingga 15 Juli 2017

Foto: express.co.uk

Transfer Window Yang Gila!

Transfer window musim panas kali ini mungkin akan menjadi jendela transfer yang gila dalam sepakbola. Per tanggal 1 Juli kemarin, klub-klub Eropa gencar melakukan aktivitas di transfer window kali ini. Drama dan kejutan pun terjadi. Chelsea, Manchester United, hingga AC Milan tak henti-hentinya mendatangkan pemain demi meningkatkan kedalaman skuat yang akan menghadapi musim kompetisi 2017-18, yang baru akan bergulir pertengahan Agustus nanti.

Siapa saja yang memiliki klub baru untuk musim depan? Check out the lists below.

Romelu Lukaku: Everton – Manchester United (75 juta pounds)

transfer window lukaku ke manchester united

Lukaku akhirnya kembali bereuni dengan Jose Mourinho, tepat seperti apa yang diprediksikan beberapa waktu lalu di artikel ini. Eks striker Everton benar-benar menjadi pengganti Zlatan Ibrahimovic yang kontraknya tidak diperpanjang Manchester United. Nilai transfer 75 juta pounds plus 15 juta pounds kemudian menjadikan Lukaku sebagai pemain dengan transfer termahal dunia, mengalahkan rekan setimnya Paul Pogba (89 juta pounds), dan Gareth Bale (86 juta pounds).

Wayne Rooney: Manchester United – Everton (undisclosed fee)

551 pertandingan. 253 gol. Legenda klub. Tapi angka itu tidak cukup untuk membuat seorang Wayne Rooney tetap bertahan di Manchester United. Di sisa karirnya, Rooney masih ingin terus bermain di level tertinggi, mendapat porsi bermain yang reguler, sehingga ketika klub berniat melakukan tukar guling dirinya dengan Lukaku, Rooney tidak menyia-nyiakannya. Striker Everton tersebut akhirnya pulang kampung.

Kyle Walker: Tottenham Hotspur – Manchester City (50 juta pounds)

Masih belum jelas alasan dan motif Manchester City mendatangkan Kyle Walker, walaupun memang sisi kanan di barisan pertahanan mereka tengah kosong lantaran Pablo Zabaleta memutuskan pindah dari Etihad. Tapi, mendatangkan Kyle Walker dengan transfer fee 50 juta pounds? Yang benar saja!

Banyak yang berasumsi, keputusan Pep Guardiola mengontrak Walker hanyalah sebuah pelarian karena mereka gagal mendapatkan tanda tangan Dani Alves yang bergabung dengan Paris Saint-Germain. Terlepas dari semua asumsi itu, satu hal yang patut diapresiasi dalam transfer saga Walker adalah kejeniusan Daniel Levy dalam melakukan bisnis di bursa transfer. Levy adalah Luciano Moggi-nya sepakbola Inggris.

Dani Alves: Juventus – PSG (Free Transfer)

Bisa dikatakan, Dani Alves adalah bek kanan terbaik dunia saat ini. Bahkan ketika usianya sudah tak lagi muda, kualitasnya masih sulit untuk disamai oleh bek kanan manapun di dunia. Setelah pindah dari Barcelona ke Juventus di akhir musim panas lalu, Alves tahun ini kembali berganti klub. Eks timnas Brazil kali ini memperkuat Paris Saint-Germain. Hengkangnya Alves ke Prancis lantaran kontraknya tak diperpanjang oleh manajemen Juve. Keputusan ini disinyalir sebagai imbas dari tidak konsistennya Alves selama berada di Italia. Di Stade de France nanti, Alves kemudian akan mengenakan jersey dengan nomor punggung 32.

Leonardo Bonucci: Juventus – AC Milan (40 juta euro)

Rasanya semua orang menunjukkan ekspresi yang sama dengan Ricardo Montolivo saat mengetahui bahwa AC Milan membajak Leonardo Bonucci dari Juventus, bek yang menjadi palang pintu La Vecchia Signora bersama Andrea Barzagli dan Giorgio Chiellini. Bonucci diboyong setelah Milan merogoh kocek sekitar 40 juta euro. Bonucci kemudian menjadi pembelian ke-8 Il Diavolo Rosso setelah Hakan Calhanoglu, Mateo Musacchio, Frack Kessie, Ricardo Rodriguez, Fabio Borini, dan Andrea Conti. Ini belum termasuk Lucas Biglia yang sepertinya juga akan merapat di San Siro. Yang menarik adalah, sebelum Bonucci masuk, market value Milan masih ada di bawah Juventus (518,18 juta euro), Napoli (379,9 juta euro), dan Inter (319,95 juta euro). Tambahan 40 juta euro dan sekitar 20 juta euro untuk Biglia akan membuat market value Milan menjadi 381,83 juta euro.

Douglas Costa: Bayern Munich – Juventus (5 juta pounds)

Douglas Costa mengambil langkah yang tepat saat menerima pinangan Juventus dan hengkang dengan status pinjaman. Kehadiran James Rodriguez praktis membuat kans untuk bermain semakin tipis, apalagi masih ada Renato Sanches dan Kingsley Coman, dua pemain muda dengan prospek yang cerah. Costa dipinjam dengan harga 5 juta pounds, dengan opsi permanen andai Si Nyonya Tua mau menebusnya dengan angka 35 juta pounds.

Tiemoue Bakayoko: Monaco – Chelsea (40 juta pounds)

N’golo Kante, Nemanja Matic, dan Tiemoue Bakayoko. Kurang solid apalagi lini tengah Chelsea musim depan? Pertanyaannya, apakah lini tengah The Blues memiliki kreativitas yang mumpuni? atau apakah Nemanja Matic merasa posisinya terancam dengan kehadiran Bakayoko, dan memutuskan untuk pindah ke Manchester United? Let us see…..

Selain nama-nama di atas, masih ada nama-nama lainnya yang mungkin kalian lewatkan di transfer window hingga pertengahan Juli kali ini:

Baptista Aloe (Marseille – Valenciennes): Transfer

Bastian Oczipka (Frankfurt – Schalke): Transfer

Andrea Bertolacci (AC Milan – Genoa): Loan

Douglas Luiz (Vasco Da Gama – Man City): Transfer

Stanislav Lobotka (FC Nordsjaelland – Celta Vigo): Undisclosed

Lonut Radu (Inter Milan – Avellino): Loan

Vana Alves (Feirense – Porto): Undisclosed

Tom Huddlestone (Hull City – Derby County): Undisclosed

 

Sumber: berbagai sumber.

UP Watch
Click to comment

Leave a Reply

Terpopuler

To Top