News

Coppa Italia: Penalti Ronaldo Selamatkan Juve dari Kekalahan

coppa italia ronaldo

Semifinal leg pertama Coppa Italia yang mempertemukan AC Milan dan Juventus di San Siro hanya berakhir dengan skor imbang, 1-1. Setelah 45 menit pertama berakhir dengan skor kacamata, tuan rumah berhasil mencetak gol pertama lewat striker asal Kroasia, Ante Rebic di menit ke-61. Rebic membobol gawang Juve lewat tendangan half-volley yang mantap, meneruskan umpan lambung Samu Castillejo yang gagal ditepis Gianluigi Buffon.

Terlecut oleh gol Rebic, Juve gencar menyerang dan berusaha menyamakan ketertinggalan. Ini juga yang membuat Milan mau tak mau menghentikan Juve dengan segala cara. Imbasnya, pada menit ke-71, Milan harus bermain dengan 10 pemain setelah Theo Hernandez diganjar kartu kuning kedua. Keunggulan jumlah pemain membuat Juve terus menekan lini pertahanan Milan. Pada menit ke-90, wasit memberi hadiah penalti kepada Juve setelah Diego Laxalt melakukan handball di kotak penalti saat menghalau tendangan salto Cristiano Ronaldo. Penaldo, begitu kata orang-orang menyebutnya, tak menyia-nyiakan kesempatan emas tersebut. Tuan rumah terpaksa harus gigit jari karena kemenangan di depan mata mereka buyar di menit-menit akhir pertandingan.

Ada beberapa hal menarik lainnya yang perlu diperhatikan dari semifinal Coppa Italia kali ini, salah satunya tentu saja Cristiano yang tak kunjung berhenti mencetak gol. Golnya ke gawang Milan adalah golnya yang ke-8 secara berturut-turut sepanjang tahun 2020 ini. Secara keseluruhan, eks striker Real Madrid telah mencetak 12 gol: 3 (vs Cagliari), 1 (vs Roma), 2 (vs Parma), 1 (vs Roma), 1 (vs Napoli), 2 (vs Fiorentina), 1 (vs Verona), 1 (vs Milan), dengan catatan Juve hanya kalah sekali kala CR7 mencetak gol di periode tersebut (vs Verona).

Statistik pertandingan kontra Milan menunjukkan bahwa Juventus penguasaan bola Juventus jauh lebih banyak dari tuan rumah, 58% berbanding 42%. Akan tetapi, Milan jauh lebih banyak mengancam gawang Buffon. Anak asuh Stefano Pioli tercatat melepaskan 9 kali shots on target, sementara Ronaldo cs hanya bisa mengancam gawang Donnarumma sebanyak 4 kali.

Laga ini juga menjadi kali pertama Ibrahimovic diturunkan sejak menit awal dan bermain selama 90 menit. Bermain penuh di usia 38 tahun bukanlah hal yang bisa dilakukan oleh semua pemain, namun ini adalah pengecualian tersendiri bagi Zlatan, karena, lagi-lagi, dia adalah Zlatan Ibrahimovic, The God himself.

Leg kedua Coppa Italia akan digelar di Turin, 4 Maret mendatang.

Mari berharap Juventus lolos ke babak final nanti.

Tertanda, kontributor glory hunter.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Most Views

To Top