News

Kritikan Terhadap Performa Leonardo Bonucci

Level permainan sejati Leonardo Bonucci akan terungkap di Milan musim ini. Demikian yang diyakini oleh legenda Juventus dan timnas Italia, Alessio Tacchinardi.

Tacchinardi berpikir bahwa jika penampilan mantan bek Bari itu menurun bersama tim asuhan Vincenzo Montella, itu akan menjadi bukti nyata bahwa mantan rekan setimnya di Juventus lah, yang membuatnya terlihat sebagai pemain hebat.

“Dia adalah pemain hebat, tapi saya ingin melihat kualitas sebenarnya dari Bonucci pada musim ini,” kata Tacchinardi di sebuah statsiun televisi Italia.

Tacchinardi menambahkan, “pada akhir musim, kita akan melihat apakah dia benar-benar hebat atau apakah sebenarnya kualitas Juventus yang menaikkan nilai dan kualitasnya.”

Performa pemain tersebut memang menjadi sorotan. AC Milan yang diperkuatnya di musim ini telah menderita tiga kekalahan dari tujuh laga di Serie A. Bonucci pun disebut-sebut tak bermain apik jika tidak tampil dengan salah satu atau dua pasangannya, Andrea Barzagli dan Giorgio Chiellini. Padahal pemain yang menjadi kapten terbaru Milan itu dibeli mahal dengan harga 40 juta euro.

Kapten baru Milan, dituntut untuk menampilkan performa yang sesuai harga mahalnya.

Kritikan lain untuk Leonardo Bonucci juga datang dari Pierpaolo Marino. Mantan direktur olahraga Udinese dan Napoli itu mengaku belum melihat performa Bonucci di Milan seperti yang ia lakukan sebelumnya di Juventus.

Berbicara di Rai Sport, Marino mengatakan, “saya pikir Milan sudah menyesal membeli Leonardo Bonucci”.
Dia juga mengatakan Montella terpaksa beralih dengan skema tiga bek karena datangnya Bonucci. Marino malanjutkan, “saya pikir jika Massimiliano Mirabelli dan Marco Fassone bisa memutar waktu, dia akan menghabiskan uang untuk membeli Bonucci dengan membeli striker top”.

Legenda Inter, Marco Materazzi juga tak lupa mengkritisi pembelian Bonucci. Menurut orang yang ditanduk oleh kepala Zidane di final Piala Dunia 2006 itu, pembelian bek 30 tahun itu tak serta merta bisa merubah peta persaingan di Serie A dan membuat Milan setara dengan Juventus. Materazzi mengatakan butuh pemain berlevel tinggi sekaliber Ronaldo dan Messi untuk cepat bersaing dan menjadi juara di Italia.

***

Berbicara Bonucci, tentu dia merupakan pemain kelas dunia. Gaya main yang mampu mengontrol bola dan mengumpan dengan baik menjadi kelebihan lain Bonucci. Tak heran mantan pemain Bari itu sempat diincar Pep Guardiola, yang menganggapnya cocok untuk main di tim dengan penguasaan bola tinggi.

Meski diawal musim ini diincar beberapa tim besar Eropa, dia justru bergabung dengan salah satu rival berat Juventus, yakni AC Milan. Konflik internal diduga menjadi dalang kenapa dirinya, yang sebenarnya digadang sebagai kapten Juventus masa depan, justru bergabung ke AC Milan.

Benarkah Bonucci tak bisa bermain apik jika tanpa Barzagli dan Chiellini? Sumber foto tuttosport.com.

Tetapi sebenarnya bukan cuma Bonucci saja yang patut disalahkan atas kurang mantapnya performa Milan, terutama di pertahanan. Baik itu Mateo Musacchio, Cristian Zapata atau Alessio Romagnoli juga patut bertanggung jawab atas kerentanan pertahanan Milan ditembus lawan.

Peran gelandang bertahan Rossonerri juga berpengaruh atas pertahanan tim. Covering yang buruk dari para gelandang Milan tentu membuat bek-bek bakal kuwalahan menahhan gempuran. Lain daripada itu, trio Musacchio-Bonucci-Romagnoli juga baru pertama kali bermain musim ini, masih perlu adaptasi dan saling pengertian yang tentunya akan muncul seiring berjalannya waktu.

Menghakimi performa pemain baru diawal musim tentu kurang elegan. Setiap pemain bintang tpasti punya masa-masa buruknya, tak terkecuali Ronaldo atau Messi pun pernah menyuguhkan performa buruk dan dihujani kritikan.
Seperti apa permainan Bonucci, akankah seperti yang Alessio Tacchinardi dan Pierpaolo Marino katakan atau sebaliknya, kita tunggu saja hingga akhir musim ini.

Sumber foto dari acmilaninfo.com, jventus.com dan tuttosport.com.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Most Views

To Top