Berita

Empat Pergantian Pemain, Jadwal Kick-Off yang diganti, dan Sejumlah Perubahan Penting Di UCL dan EL 2018/19

perubahan-champions-league

Badan tertinggi sepakbola Eropa, UEFA mengumumkan telah melakukan perubahan penting untuk turnamen bergengsi Champions League dan Europa League. Perubahan ini diyakini semata-mata demi menjaga agar dua kompetisi tersebut tetap menarik untuk disaksikan.

Terhitung mulai musim kompetisi yang akan datang (2018/19) setiap klub bisa melakukan pergantian pemain sebanyak empat kali, bukan lagi tiga seperti format aslinya. Pergantian empat pemain ini hanya bisa dilakukan oleh tim yang berlaga di fase knockout, dan saat pertandingan memasuki babak perpanjangan waktu (extra-time). Model semacam ini juga sudah diterapkan sebelumnya oleh FA di ajang FA Cup.

Dan berikut ini perubahan-perubahan penting yang dilakukan UEFA, via UEFA.com

  • Pergantian pemain keempat baru bisa dilakukan di fase knockout dengan catatan, pertandingan sudah memasuki extra-time (perpanjangan waktu)
  • Setiap klub boleh mendaftarkan 23 nama (dari 18 pemain) khusus untuk partai final Champions League, Europa League, dan UEFA Super Cup.
  • Waktu pelaksanaan kick-off untuk Champions League dan Europa League dipindahkan ke pukul 20:00 GMT (pukul 03:00 WIB)
  • Akan tetapi, tiap Selasa dan Rabu, dua pertandingan di babak penyisihan grup akan digelar pada pukul 17:55 GMT (01:00 WIB)
  • Semua pertandingan terakhir (di babak penyisihan grup) akan digelar dalam waktu yang bersamaan.
  • Tim yang telah menjuarai Europa League/ UEFA Cup tiga kali berturut-turut, atau telah memenangkan Europa League sebanyak lima kali secara keseluruhan bisa mengenakan logo spesial di jersey mereka.

Khusus untuk poin terakhir, ini berarti mulai musim depan, Sevilla akan menjadi klub pertama dan satu-satunya yang akan mengenakan logo spesial tersebut. Ini karena Sevilla telah mencatatkan diri sebagai juara Europa League sebanyak lima kali: 2006, 2007, 2014, 2016, dan 2016.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Terpopuler

To Top