Premier League

Cerita Di balik Foto Bersejarah Neville-Carragher

Neville-carragher-duel-liverpool

Northwest Derby, atau bertemunya rivalitas abadi dua penguasa sepakbola Inggris masa kini masa lalu, Manchester United dan Liverpool tinggal tersisa 24 jam lagi, sejak tulisan ini dibuat. Jika anda melakukan penelusuran di mesin pencari Google, banyak fakta menarik yang bisa anda temukan terkait Northwest Derby ini. Atau tak usahlah ribet-ribet mengetikkan kata kunci di Google, cukup tanyakan kepada teman anda tentang momen tak terlupakan saat kedua tim bertemu. Insiden Luis Suarez-Patrice Evra mungkin ada di daftar teratas momen tak terlupakan. Hat-trick Dimitar Berbatov, serta dipermalukannya Man United 4-1 pada tahun 2009 mungkin juga salah satunya.

Berbicara tentang momen tak terlupakan itu, ada satu momen yang diabadikan oleh lensa kamera, sebuah foto saat Gary Neville dan Jamie Carragher bersitegang di dalam lapangan. Ini merupakan satu dari sedikit foto yang sempat diabadikan oleh para fotografer, karena meskipun keduanya merupakan pemain reguler di tim utama, tapi hanya ada sedikit intrik yang melibatkan keduanya, tiap kali United dan Liverpool bertemu. Cukup beralasan jika keduanya jarang bersinggungan sepanjang 90 menit. Ini dikarenakan Neville dan Carragher bermain di dua posisi yang berbeda. Saudara kembar Phil bermain di sisi kanan lapangan, sementara Jamie bermain di poros sentral pertahanan.

liverpool-carragher-neville-man-united

Kembali ke foto bersejarah tersebut (gambar di atas). Jelang pertemuan kedua tim, Neville dan Carragher berbicara pengalaman mereka di laga derby, juga membahas cerita di balik foto perseteruan keduanya. Foto di atas merupakan derby yang berlangsung pada bulan Maret tahun 2010.

Kepada Sky Sport, Carragher, yang saat ini menjalani profesi sebagai pandit menjelaskan, perseteruannya dengan Neville disebabkan oleh Javier Mascherano, rekan setimnya yang menjegal salah satu pemain United dan berakibat penalti. Saat pelanggaran terjadi, Neville meminta wasit agar mengganjar Mascherano dengan kartu Merah, dan Carragher berusaha mencegah protes eks pemain akademi 92 tersebut.

“Saya langsung menghampiri wasit, karena salah satu hal krusial di pertandingan seperti itu adalah jika anda bisa membuat pemain lawan diusir keluar lapangan. Saat anda melihat kesempatan itu, reaksi pertama adalah melakukannya dengan segera,” tutur Neville.

“Dia (Carragher) sadar dengan apa yang akan saya lakukan, karena jika dia juga akan melakukan hal yang serupa jika dia ada di posisi saya. Saat itu, saya menghampiri wasit, bertanya kepadanya ‘apakah kamu akan mengambil keputusan?’. Pada saat itulah foto itu diambil.”

“Saya berusaha menghentikannya (mempengaruhi wasit), karena saya tahu apa yang akan terjadi,” ujar Carragher menimpali.

“Hal seperti itu sangat wajar jika anda berbicara tentang pertandingan antara Liverpool v Man United. Selalu ada usaha dari pemain lain untuk menghentikan pemain lawan yang menginterupsi keputusan wasit,” lanjut Neville.

“Mempengaruhi keputusan wasit sudah menjadi bagian penting di pertandingan-pertandingan besar. Anda harus melakukannya. Arsenal melakukan hal itu, Liverpool juga, kami pun melakukan hal yang sama. Klub lain seperti Chelsea juga sudah pasti akan melakukan hal yang serupa.”

“Cara seperti ini bukan karena kami berusaha bermain curang atau tidak sportif. Tidak. Ini semata-mata karena atmosfer dan tekanan di Old Trafford atau Anfield yang begitu besar. Tidak mudah mengatasi hal seperti itu.”

“Dan jika anda mencari siapa yang benar saat hal seperti itu terjadi, itu bukan hal yang mudah. Dia (Carra) mengatakan yang seperti ini, sementara saya mengatakan yang sebaliknya. Lain lagi dengan fans. Mereka akan mengatakan hal yang berbeda. Begitu juga dengan manajer.”

“Mengintervensi keputusan wasit bukan hal yang vital dalam suatu pertandingan, tapi mempengaruhi wasit sudah menjadi bagian dari pertandingan itu sendiri.”

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Most Views

To Top