Stories

Selamat Tinggal White Hart Lane

white-hart-lane-farewell-offside-id
FOTO: www.metro.co.uk

Stadion megah milih Tottenham Hotspurs, yang biasa disebut oleh para pendukung Spurs dengan sebutan The Lane, resmi berakhir menjadi kandang tim The Lilly White (Julukan untuk tim Tottenham Hotspurs).  Pertandingan melawan Manchester United yang dimenangkan Spurs 2-1 pada Minggu siang 09 Mei 2017 waktu setempat adalah momen bersejarah, karena sekaligus merupakan pertandingan terakhir Tottenham Hotspurs di stadion bernama lengkap White Hart Lane tersebut.

harry-kane-last-goal-in-white-hart-lane-offside-id

Harry Kane mencetak gol kemenangan Tottenham Hotspurs atas Man United, sekaligus menjadikan gol yang tercatat dalam sejarah pertandingan di stadion White Hart Lane sebelum dirobohkan. Sumber foto: www.belfasttelegraph.co.uk

Stadion berkapasitas sekitar 36.000 tempat duduk ini mulai didirikan pada 1898 dan mulai digunakan untuk pertandingan sepakbola pada 1899.  Pada tahun ini, Stadion yang pada mulanya merupakan lahan tanaman milik perusahaan Bir asal Inggris ini akhirnya resmi akan dirobohkan, dan dibangun kembali dengan meningkatkan kapasitas tempat duduk menjadi sekitar 61.000 kursi.  Sementara Stadion sedang dibangun, Tottenham Hotspurs akan meminjam stadion Wembley sebagai markas sementara mereka pada musim 2017/2018 mendatang.  Stadion yang baru, didesain oleh Populous, sebuah perusahaan arsitektur yang juga mendesain bentuk stadion milik rival London Utara mereka, yaitu Arsenal (Emirates Stadium).

Pertandingan pertama yang dihelat di White Hart Lane adalah pertandingan persahabatan antara Tottenham Hotspurs melawan Notts County yang dimenangkan oleh tuan rumah dengan skor 4-1 pada 04 September 1899.  Meskipun nantinya stadion yang baru tetap akan berada di lokasi yang sama, namun kenangan selama kurang lebih 119 tahun stadion White Hart Lane berdiri, tentu membekas bagi para penggemar dan juga pihak manajemen klub Tottenham Hotspurs.

Banyak pemain hebat pernah bermarkas di stadion ini.  Nama – nama tenar seperti Juergen Klinsmann, David Ginola, Glenn Hoddle, Teddy Sheringham, Jermain Defoe, Robbie Keane, Gareth Bale dan hingga terbaru adalah Harry Kane.

tottenham-hotspurs-fans-on-white-hart-lane-farewell-offside-id

Para pendukung Tottenham Hotspurs tumpah ruah ke dalam lapangan pertandingan seusai peluit akhir dibunyikan oleh wasit. Mereka ingin merasakan kali terakhir berada di stadion White Hart Lane yang sudah 119 tahun berdiri. Sumber foto: www.independent.co.uk

Pada pertandingan di pekan ke 37 Premier League hari Minggu kemarin, pihak klub menyelenggarakan upacara perpisahan.  Menjadi perpisahan yang manis karena dibungkus dengan kemenangan pula atas tim Setan Merah.  Saat akhir pertandingan, riuh penonton semakin menggema dan ribuan diantaranya memasuki lapangan pertandingan untuk merayakan detik – detik terakhir mereka merasakan atmosfer stadion klasik penuh kenangan tersebut.

Sumber: BBC

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Most Views

To Top